RSS

“ECO-DRIVING”

05 Sep


“Eco-driving” di situs web ecodrive.org memiliki pengeritian sebagai cara mengemudi yang bisa mengurangi BBM, emisi gas rumah kaca, hingga tingkat kecelakaan. Tingkat penghematan BBM yang dicapai mencapai antara 5 dan 10 persen.

“Eco-driving” menjadi popular untuk diterapkan karena, hemat bahan bakar, ramah lingkungan, hemat biaya perawatan kendaraan, tidak membuat stres pengemudi, dan manfaat yang terakhir adalah lebih memberikan rasa nyaman bagi penumpang.

Prinsip dasar dari “Eco-driving” di situs web wwf.or.id adalah pindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi secepat mungkin, pertahankan kecepatan pada putaran ekonomis, hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu, matikan mesin bila memungkinkan, dan antisipasi arus lalu lintas, servis kendaraan anda dengan teratur.

• Pindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi secepat mungkin.
Kendaraan berbahan bakar bensin atau gas perlu melakukan perpindahan transmisi sebelum 2500 Rpm sedangkan kendaraan bermesin disel perlu melakukan pemindahan transmisi sebelum putaran 2000 Rpm.

• Sedapat mungkin pertahankan kecepatan pada putaran ekonomis
Kebanyakan tenaga mesin hanya terpakai untuk akselerasi atau kecepatan tinggi. Apabila pengemudi mempertahankan kecepatan dan putaran ekonomis, maka energi yang terbuang dan boros bahan bakar dapat dikurangi.

• Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu
Pengereman yang tak diperlukan akan memboroskan energi, oleh karena itu hindari akselerasi yang ekstrem, kecuali dalam keadaan terpaksa. Antisipasi kondisi lalu lintas dan tidak berada di belakang mobil lain terlalu dekat dapat menghemat bahan bakar hingga 5 – 10%.

• Antisipasi arus lalu lintas Mencakup:
1. Lalu lintas di depan kendaraan kita.
2. Lalu lintas arah berlawanan.
3. Lalu lintas di persimpangan.
4. Mendahului dan mundur
Untuk dapat melakukan itu, pengemudi harus:
1. Memandang kedepan sejauh mungkin
2. Kosentrasi
3. Mengerem dengan cermat
4. Hati-hati dengan kendaraan di depannya
5. Jaga jarak
6. Berusaha sebisanya mempertahankan kecepatan ekonomis
7. Beradaptasi dengan perubahan situasi
8. Mengetahui rute perjalanan
9. Memperhatikan kerusakan jalan dan kemungkinan kesalahan pengemudi lain.

• Memperlambat kendaraan dengan lembut
Ketika memperlambat atau menghentikan kendaraan, perlambat kendaraan dengan lembut dan persneling tetap dalam keadaan masuk.
Untuk lebih menghemat bahan bakar, dapat juga dengan menetralkan segera transmisi/menekan pedal kopling (bila tenaga mesin untuk pengereman tidak diperlukan lagi) sehingga mesin akan secepatnya kembali pada putaran ideal dan sisa energi dorong (kinetis) kendaraan dapat dimanfaatkan sampai ke posisi yang diinginkan.
• Mengemudi di tanjakan dan turunan
Pada jalan mendaki diperlukan tenaga mesin yang lebih besar dibandingkan dengan jalan datar.
Tergantung dari sudut tanjakan yang akan ditempuh, usahakan cara berikut ini:
1. Sesuaikan putaran mesin
2. Teknik perpindahan transmisi yang tepat dan cermat
3. Manfaatkan kecepatan kendaraan untuk menempuh tanjakan berikutnya.

• Matikan mesin bila tidak diperlukan
Matikan mesin sewaktu perhentian singkat; pada lintasan jalan kereta api, lampu lalu lintas, atau sedang menunggu sesuatu yang berhentinya diperkirakan lebih dari 60 detik.
Khusus untuk truk mixer; matikan mesin bila kendaraan tidak ada muatan jika diperkirakan waktu berhenti lebih dari 1 menit, misalnya saat membersihkan roda dari lumpur/tanah, waktu melapor pada pos satpam, jalan macet, dll. Ketika menghidupkan mesin kembali, jangan tekan pedal gas.

• Mengemudi dengan banyak belokan
Kurangi kecepatan saat mendekati belokan sampai mencapai kecepatan yang sesuai, bila perlu pengurangan kecepatan dilakukan dengan tenaga mesin atau sebisanya tanpa pengereman dan tidak menurunkan transmisi pada posisi yang lebih rendah.
Bila sering melakukan akselerasi dan pengereman mendadak dengan putaran mesin tinggi, tidak saja meningkatkan konsumsi bahan bakar dan membuat rem lebih cepat aus, juga menyebabkan kondisi kurang baik pada pengemudi.

• Muatan/beban
Muatan/beban adalah faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar yang utama. Penambahan beban 100 kg pada kendaraan ukuran sedang (1500 kg) akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 6 – 7%. Kurangi beban tambahan yang tidak perlu pada kendaraan.

• Aerodinamis
Faktor lain yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar adalah aerodinamis.
Makin cepat laju kendaraan maka makin besar hambatan udara yang ditimbulkan, misalnya pada kecepatan 120km/jam dapat meningkatkan sedikitnya 20% pemakaian bahan bakar.

• Tekanan ban
Memeriksa tekanan ban sangat lah penting agar hambatan gesek ban dapat dikurangi.
Tekanan yang tidak sesuai, misalnya kurang 25% dari spesifikasi normal dapat meningkatkan tahanan gesek sampai 10% serta memboroskan bahan bakar sebesar 2%. Tekanan ban yang terlalu rendah juga mempunyai akibat kurang baik pada jarak
pengereman. Untuk memastikan tekanan ban, periksa sedikitnya sekali sebulan.

• Servis berkala
Servis berkala adalah faktor yang sangat penting untuk menghemat bahan bakar, membersihkan saringan udara, serta melaksanakan pekerjaan servis rutin lainnya dengan benar. Diakhiri dengan uji emisi yang dapat membantu Anda menghemat bahan bakar. Oleh karena itu, lakukan pekerjaan servis berkala kendaraan Anda pada bengkel yang Anda percaya.[Set]

 
Leave a comment

Posted by on September 5, 2011 in Transportasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: