RSS

Rencana Penerapan BRT, Dishub siapkan Traffic Counting Survey

06 Jul



Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya bekerjasama dengan IndII (Indonesia Infrastructure Initiative) dengan memberikan training singkat kepada staf Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya dalam rangka persiapan tahap awal Survei Pencacahan Volume Lalulintas (Traffic Counting Survey). Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari (mulai 09-10juni 2011) dan bertempat di aula Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya dihadiri oleh perwakilan dari bidang lalulintas, bidang angkutan dan bidang sarana prasarana, dengan Gede sebagai pembicara dan perwakilan dari IndII.

Dalam training tersebut Gede menjelaskan berbagai macam survei, tujuan, kendala serta metode survei yang nantinya berguna untuk reformasi angkutan umum dan sistem transportasi di kota Surabaya. Macam-macam survei yang akan digunakan antara lain, Survei Asal Tujuan Perjalanan dan Survei Industri Angkutan Umum. Sedangkan tujuan dilaksanakannya survei adalah menghitung volume lalulintas pada suatu prasarana, menentukan waktu jam sibuk pada ruas tertentu dan menghitung komposisi lalulintas per jenis moda (moda share). Data yang dihasilkan setelah dilaksanakan survei adalah volume lalulintas, geometrik prasarana dan v/c rasio (rasio volume per kapasitas). Gede menambahkan bahwa ada dua macam metode survei yang akan digunakan, yaitu manual dan otomatis. “Ada 2 macam survei yang digunakan untuk mengetahui masalah transportasi. Saat ini sebagian besar survei yang dilakukan di indonesia masih menggunakan metode manual” ujar Gede. Lanjutnya, metode otomatis jarang digunakan karena terkendala biaya untuk alat penunjang survei dan tingkat keakuratan dari alat tersebut yang masih relatif rendah.

Survei yang akan segera dilaksanakan tersebut merupakan langkah konkret dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya untuk merencanakan transportasi massal di kota surabaya melalui program Buss Rapid Transit (BRT). Program BRT yang termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Pemerintah kota Surabaya bertujuan untuk mengatasi masalah kemacetan yang ada di Kota Surabaya yang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Diharapkan hasil survei dapat dijadikan sebagai acuan untuk mereformasi sistem transportasi perkotaan di Surabaya khususnya angkutan umum dan rekayasa jalan.[lil]

 
Leave a comment

Posted by on July 6, 2011 in surabaya, Transportasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: