RSS

Dishub Tingkatkan Pelayanan Dengan Alat Uji Mobile

23 Nov

Para pengguna jasa pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) sekarang mempunyai pilihan untuk melakukan uji kir kendaraan mereka. Pada hari Jumat, 12 Nopember 2010, Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengadakan sosialisasi Penggunaan Mobil Alat Uji Mobile kepada petugas uji di lingkungan Dishub Kota Surabaya. Mobil yang dilengkapi dengan pendingin udara dan beberapa interior pendukung ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat dalam melakukan uji kir.

Secara penggunaan, alat uji mobile ini tidak jauh berbeda dengan alat uji yang ada di PKB Wiyung dan Tandes. Kelebihan dari alat uji ini adalah nantinya difungsikan secara mobile (keliling). Alat uji mobile ini dapat langsung datang ke lapangan atau juga dapat dipanggil oleh semisal pihak pool taxi untuk pengecekan armadanya. Yang tentunya syarat-syarat dan biaya administrasi tetap mengikuti aturan area PKB. Alat ini nantinya juga menunjang program reguler uji emisi.

Dalam acara yang dimulai tepat pukul 13.00 WIB tersebut, langsung diperagakan bagaimana cara kerja dari 5 alat utama dan beberapa alat tambahan. Tampak alat uji gas buang dibedakan menjadi 2, antara kendaraan yang berbahan bakar bensin dan solar. Alat tersebut berfungsi untuk mengukur kandungan CO, HC, CO2 dalam emisi kendaraan. Alat tersebut dilengkapi dengan badan alat ukur, Printer, Aelang Uji Panjang, Prefilter, Pipa Uji, dan Probe. Selain itu alat tersebut juga dilengkapi dengan monitor yang dapat menampilkan hasil dari uji gas buang.

Selain itu diperagakan juga Auto Test Brake Meter, yaitu alat yang dipergunakan untuk pengukuran rem pada kendaraan. Dalam penggunaan alat ini sebaiknya dilakukan di permukaan yang rata, hal ini dimaksudkan untuk menghindari hasil dari pengujian yang kurang baik dan tidak lulus uji. Selanjutnya ada alat headlight tester yang dipergunakan untuk memeriksa intensitas cahaya, elevasi berkas cahaya dan sumbu optikal dari lampu kendaraan mobil. Sistem kerja dari alat ini, pertama melakukan pengaturan jarak lampu alat uji pada kendaraan dengan cara memusatkan pada titik acuan berkas laser. Selanjutnya mengarahkan berkas laser ke titik acuan secara vertikal hingga kedua titik acuan tersebut terkena laser.

Setelah beberapa waktu yang lalu UPTD PKB mendapatkan sertifikat ISO 9001-2008, dengan adanya penambahan armada Unit Pengujian kendaraan Bermotor Keliling Ini dapat meningkatkan mutu pelayanan. Selain itu nantinya diharapkan pula dapat menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah.

 
2 Comments

Posted by on November 23, 2010 in Uncategorized

 

2 responses to “Dishub Tingkatkan Pelayanan Dengan Alat Uji Mobile

  1. daniel

    December 16, 2010 at 1:50 am

    smoga di jalan tidak ada lagi kendaraan angkutan umum yang tidak memenuhi syarat uji…sering dioperasi saja pak dishub!!!

     
    • terminalbratang

      December 31, 2010 at 2:13 am

      Terima kasih untuk masukannya. Kami akan terus berupaya membenahi sistem transportasi di Kota Surabaya dalam upaya menciptakan sistem transportasi yang ramah lingkungan…sehingga tingkat polusi di kota Surabaya bisa berkurang.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: