RSS

Pembangunan Pusat Control ATCS dan Pusat Kendali Parkir Elektrik di Terminal Bratang

16 Nov

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya bersiap membangun pusat Automatic Traffic Control System (ATCS) dan Pusat Kendali Parkir Elektrik yang akan di tempatkan di Terminal Bratang Surabaya.

Kemacetan sudah menjadi permasalahan yang komplek di kota – kota besar, untuk itu diperlukan suatu alternatif/ sistem yang dapat mengatur lalu lintas sehingga kemacetan dapat diatasi. Automatic Traffic Control System (ATCS) merupakan sebuah solusi yang layak untuk diterapkan di kota – kota besar. ACTS terdiri atas beberapa perangkat yang bekerja secara terorganisir dan terpadu yang terdiri dari traffic light, kamera CCTV dan Microcontroller.

Traffic Light berfungsi sebagai alat pengaturan lalu lintas yang dipasang di persimpangan jalan agar pengguna jalan dapat berlalu lintas dengan tertib. Ketika lalu lintas mulai terjadi, kamera CCTV bertugas untuk melakukan pengamatan kepadatan lalu lintas yang terjadi terutama di persimpangan jalan. Hasil Pengamatan ini kemudian disimpan di PC komputer agar dapat diketahui prosentase kepadatan tiap jalur. Data kepadatan tersebut secara otomatis terkirim ke pusat kontrol sehingga petugas dapat melakukan tindakan untuk melakukan pengaturan waktu/timer pada traffiic light langsung dari pusat kontrol. Penerapan ACTS ini diharapkan dapat menjadi solusi utama untuk mengatasi kepadatan lalu lintas.

Selain itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya juga akan mengadaan penataan untuk Sistem kendali Parkir Elektrik. “Tahun depan, untuk pemantauan, pusat database, dan kontrol untuk parkir elektrik akan dipusatkan di Terminal Bratang” ujar Ir. Irvan Wahyudrajad, M.MT selaku  Kepala Bidang Sarana Prasarana Dishub Kota Surabaya.

Beberapa terminal di Surabaya saat ini memang sudah dipasang parkir elektrik, seperti di Terminal Purabaya, Terminal Bratang dan Tambak Oso Wilangun (TOW). Untuk pusat kendali memang ditempatkan di masing-masing wilayah. Dalam rangka mempermudah pemantauan dan pengelolaan data, rencananya nanti di lantai 2 Terminal Bratang, selain dijadikan sebagai Pusat Control ATCS,  juga akan digunakan sebagai pusat kendali Parkir Elekrik .

 
1 Comment

Posted by on November 16, 2010 in Uncategorized

 

One response to “Pembangunan Pusat Control ATCS dan Pusat Kendali Parkir Elektrik di Terminal Bratang

  1. hebi

    February 23, 2011 at 1:03 am

    mudah-mudahan bisa sinergi dengan RTMCnya kepolisian!!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: